Jumat, 29 Juni 2012

kegunaan microsoft excel

Disini saya sedikit ingin menjelaskan serta mepaparkan tentang kegunaan atau cara menggunakan microsoft excel dalam kehidupan sehari-hari semoga bisa bermanfaat bagi para pemula yang ingin menggunakan m.s excel.
Microsoft excel
Microsoft excel  merupakan perangkat lunak (software) pengolah angka, banyak cara untuk membuat  table,tapi cara yang satu ini merupakan cara membuat sebuah table untuk mengolah angka dengan benar dan baik,langkah-langkahnya pun sangat mudah dimengerti bagi yang baru belajar maupun yang sedang belajar  Microsoft excel ini,dibawah ini merupakan  gambar contoh lembar kerja Microsoft excel
No
Nama
status
gaji pokok
tunjangan keluarga
total gaji
1
rancho
kawin
Rp1,200,000.00
180000
Rp1,380,000.00
2
farhan
belum kawin
Rp1,200,000.00
0
Rp1,200,000.00
3
raju
janda
Rp1,200,000.00
240000
Rp1,440,000.00
4
adi
kawin
Rp1,200,000.00
180000
Rp1,380,000.00
5
dodi
janda
Rp1,200,000.00
240000
Rp1,440,000.00

Pada gambar diatas,langkah-langkah untuk membuatnya sebagai berikut:
A.      Ketik,no,nama,status,gaji pokok,tunjangan keluarga,total gaji,
B.      Kemudian pilih/klik format,format cell,border,klik pada tulisan text sehingga tergaris semua dan terbentuk table seperti gambar diatas
C.      Kemudian isi table tersebut sesuai keinginan anda
D.      Pada kolom  tertulis gaji pokok tulis terlebih dahulu nilainya,misalnya 1200000 pilih /klik forat,format cell,number,pada kotak dialog category pilih currency,pada symbol pilih rp Indonesian,kemudian klik ok.
E.       Pada kolom  tertulis  tunjangan keluarga pakai rumus =if(E6=”KAWIN”,F6*15%,IF(E6”JANDA”,F6*20%,O))
Untuk:
Janda 20%
Kawin 15%
Belum kawin 0%
F.       Untuk kolom tertulis total gaji kita bisa memakai rumus sebagai berikut:
G.     =sum(gaji pokok:tunjangan keluarga) atau =sum(F6:G6)



Langkah-langkah untuk membuat table dan data diatas sebagai berikut:
1.       Ketik lah data yang sesuai anda inginkan atau seperti gambar diatas
2.       Kemudian buatlah table seperti gambar di atas
3.       Lalu pada kolom ke empat memakai rumus =if(e5>=86,”a”,if(e5>=71,”b”,if(e5>=60,”c”,if(e5>=45,”d”,”e”))))
4.       Klik enter
5.       Lalu pada kolom terakhir(ranking),gunakan rumus:=rank(E5,E$5:E9)
6.       Klik enter
Jika anda ingin membuat table atau data seperti diatas maka ikutilah langkah-langkah sebagai berikut:
1.       Tulis terlebih dahulu data yang akan anda buat
2.       Lalu buatlah table,blok dulu pada bagian yang anda ingin buat table,pilih/klik format cell,border,all border,ok
3.       Untuk mencari rerata kita harus memakai rumus =AVERAGE(E6:F6) Lalu klik enter
4.       Untuk  mencari keterangan anda harus memakai rumus =IF(OR(E6>7,G6>7),”LULUS”,”BANGAI”) lalu klik enter


    
Untuk membuat urutan,baik nama,nilai angka,nilai prak,rerata,serta keterangan maka ikutilah cara/langkah-langkah sebagai berikut:
1.       Ketik data dan buat table terlebih dahulu sehingga terlihat seperti gambar di atas
2.       Lalu klik/pilih sort&filter,filter,kemudian di table akan keluar atau terlihat icon filter
3.       Kemudian untuk membuat urutan nama,nilai angka,nilai prak,rerata serta keterangan pilih / klik sort&filter,custum sort,akan keluar kotak dialog sort seperti gambar di bawah ini .



4.       Kemudian pilih column,sort by,jika ingin mengurutkan nama dan keterangan pilih nama,pd order pilih a to z untuk urutan dari atas ke bawah,jika dari bawah ke atas maka sebaliknya
5.       Jika ingin mengurutkan nilai angka,nilai prak,dan rerata pada order,largest to smallest(dari tinggi ke rendah),dan sebaliknya jika smallest to largest(dari rendah ke tinggi).



Jika anda ingin memisahkan antara yang lulus saja dan yang bangai saja mari sama-sama ikuti langkah-langkah sebagai berikut:
1.       Setelah membuat table diatas,maka pilih atau klik short&filter maka akan terlihat seperti gambar diatas icon yang berbentuk corong atau filter
2.       Lalu klik icon corong atau filter tersebut pada bagian atas table tersebut maka akan keluar kotak dialog seperti gambar dibawah ini.
3.       Pada text filter jika ingin ditampilkan yang lulus dan yang bangai maka klik/pilih select all,lalu ok,jika ingin lulus saja maka conteng pada lulus dan kosongkan bangai,dan sebaliknya jika ingin bangai saja conteng bangai kosongkan lulus,lalu klik ok.



0 komentar

Posting Komentar